Pelaksanaan model discovery learning pada teks prosedur di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi

Gusmaneri, Desi and Rustam, Rustam and Wibowo, Imam suwardi (2022) Pelaksanaan model discovery learning pada teks prosedur di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Desi Gusmaneri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan-WPS Office.pdf

Download (263kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model discovery learning berorientasi berpikir kritis pada materi teks prosedur kompleks di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi, Subjek dari penelitian ini ialah guru bahasa Indonesia Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian penelitiannya adalah Fenomenologi. Data yang didapatkan dari penelitian ini adalah berupa hasil wawancara pelaksanaaan proses pembelajaran pada Model Discovery Learning berorientasi berpikir kritis pada materi teks prosedur kompleks, bermula dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan langkah-langkah model pembelajaran itu siswa dituntut aktif berpikir dengan kritis dalam menganalisis teks prosedur kompleks. Pada berpikir kritis dalam teks prosedur langkah discovery learning mampu membuat mereka menjadi aktif dan berpikir dengan kritis pada tugas yang diberikan kepada siswa di kelas serta siswa dapat mengkaji sebuah fakta yang terdapat pada masalah itu kemudian menulis teks prosedur dan menarik kesimpulan dari apa yang siswa temukan. Kesimpulan dari pembelajaran Discovery learning pada teks prosedur di kelas XI IPA menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran discovery learning berjalan sesuai dengan langkah-langkah discovery learning. Semua ini tercermin ketika siswa mengeksplorasikan teks prosedur di kelas. Namun pada rencana pelaksanaan pembelajaran guru tidak menulis langkah berpikir kritis dan pada proses penilaian pembelajaran discovery learning guru memberikan penilaian sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran pada menulis teks prosedur sehingga siswa merasakan pengalaman baru dalam pembelajaran ini dengan aktif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: GUSMANERI
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:02
Last Modified: 30 Mar 2022 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32394

Actions (login required)

View Item View Item