PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

Putri, Melysa Sapriani and Purba, Andiopenta and Rasdawita, Rasdawita (2022) PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Melysa Sapriani Putri_NIM A1B118064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (470kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (287kB)

Abstract

Putri, Melysa Sapriani. 2022. Penerapan Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Teks Puisi Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs Andiopenta Purba, M.Hum (2) Dra. Rasdawita, M.M Kata Kunci: Penerapan, Asesmen Autentik, Teks Puisi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi dan hambatan yang ditemui guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam menerapkan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi dari segi merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pada kompetensi sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi yang terdiri dari SMP Negeri 16 dan SMP Negeri 22 Kota Jambi pada Oktober 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan RPP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data, reduksi data, membuat ringkasan, menyajikan data, memverifikasi data dan membuat laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam menerapkan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, secara umum sudah sesuai dengan teori penilaian autentik baik dari segi merancang, melaksanakan, maupun mengevaluasi pembelajaran. Namun peneliti masih menemukan hambatan yang dialami guru SMP Negeri 16 dan SMP Negeri 22 Kota Jambi yakni tidak terlaksananya secara utuh pada penilaian aspek sikap karena lampiran penilaian yang banyak untuk dinilai, pemahaman guru yang kurang terhadap penilaian, dukungan orang tua yang kurang, dan keterbatasan waktu dalam menerapkan penilaian pada aspek keterampilan. Dari hasil penelitian disarankan agar guru lebih memahami bagaimana konsep asesmen autentik dengan memperhatikan ketiga kompetensi yang ada pada Kurikulum 2013 dengan cara menggunakan panduan penilaian sesuai dengan proses merancang, melaksanakan maupun mengevaluasi penilaian dari kegiatan pembelajaran awal hingga akhir pertemuan. Sehingga ketiga aspek penilaian autentik pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dinilai dapat mengukur kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan oleh guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Asesmen Autentik, Teks Puisi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:46
Last Modified: 11 Apr 2022 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

View Item View Item