Strategi Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Gayo, Adhila Irma Prianti and Yantoro, Yantoro and Hayati, Suci (2022) Strategi Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_ADHILA IRMA PRIANTI GAYO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

ABSTRAK Gayo, Adhila Irma Prianti. 2022. Strategi Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd, (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan strategi guru dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru kelas I E sebagai data utama, kemudian observasi berupa observasi partisipasi aktif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa wali kelas I E telah menerapkan (1) strategi dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran matematika Strategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dan Berakhlak Mulia ialah guru menjadi contoh bagi siswanya untuk dapat mengamalkan nilai-nilai keagamaan, serta guru melakukan pendekatan kepada siswa, (2) Strategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar Berkebinekaan Global ialah memberikan pemahaman tentang budaya yang ada di Indonesia, (3) Strategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar Bergotong Royong yaitu Guru membagikan kelompok, dan memberikan pemahaman kepada anak bahwa mengerjakan tugas harus dikerjakan dengan ikhlas, (4) Strategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar Mandiri yaitu guru memberikan soal-soal untuk dikerjakan sendiri, dan guru memberikan soal yang lebih sulit untuk dapat diselesaikan, (5) Strategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar Bernalar Kritis ialah guru menggunakan strategi pembagian kelompok, untuk melihat keaktifan anak dalam menggali informasi, mengevaluasi sehingga siswa tersebut mampu mengelola dan menganalisa serta membuat kesimpulan, dan guru menjadi motivator bagi anak, (6) Strategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan profil pelajar Kreatif yaitu guru membuat pembelajaran yang menyenangkan, belajar sambil bermain, berinteraksi dengan baik dalam proses pengembangan kreativitas anak, memadukan pembelajaran dengan konteks nyata atau memadukan dalam kehidupan sehari-hari mereka, serta guru menjadi fasilitator bagi siswanya. Dari hasil penelitian ini bahwa guru kelas I E SD Negeri 47/IV Kota Jambi telah melaksanakan strategi dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Gayo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:39
Last Modified: 13 Apr 2022 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32732

Actions (login required)

View Item View Item