Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak

Arsil, Arsil and Sholeh, Muhammad and Putri, Cilsilia Anindi (2021) Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI CILSILIA ANINDI PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
bab10200016459.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (309kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajerial kepala sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 1/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada 01 Desember 2021 s/d 01 Januari 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas I dan guru kelas IV yang mengajar menggunakan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 1/IV Kota Jambi terdapat empat tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan dimulai dengan kepala sekolah melakukan kegiatan sosialisasi yang melibatkan guru, komite pembelajaran, dan pengawas serta pihak yang terkait lainnya, menyiapkan guru dalam mengikuti pelatihan yang diperoleh secara langsung dari Kementerian untuk meningkatkan kapasitas guru, menyiapkan peserta didik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, perangkat ajar, dokumen KOSP, modul ajar dan modul proyek dengan melibatkan guru serta peserta didik kelas I dan kelas IV, mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran serta bentuk kegiatan yang akan dilakukan yaitu membuat proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. (2) tahap pengorganisasian, kepala sekolah membentuk tim kerja dengan membagi tugas sesuai posisi masing-masing. (3) tahap pengarahan, kepala sekolah memberikan arahan dan motivasi kepada guru. (4) tahap pengawasan, kepala sekolah setiap hari melakukan monitoring dan mengadakan evaluasi terhadap Program Sekolah Penggerak dengan coacing bersama Pelatih Ahli (PA) selaku pelatih dan pendamping. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan fungsi manajerialnya kepala sekolah SD Negeri 1/IV Kota Jambi telah mengupayakan yang terbaik dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui Program Sekolah Penggerak.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Putri
Date Deposited: 22 Apr 2022 08:36
Last Modified: 22 Apr 2022 08:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33193

Actions (login required)

View Item View Item