khalishah, nur (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (SKRIPSI).pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (SKRIPSI LISA).pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
surat pengesahan.pdf Download (278kB) |
Abstract
ABSTRAK Khalishah, Nur. 2022. ”Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahun Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing:(I) Drs. Fuldiaratman, M.Pd (II) Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. Kata Kunci:Multimedia Pembelajaran Interaktif, Chemo-Entrepreneurship, Asam Basa Materi asam basa merupakan salah satu materi kimia kelas XI pada kurikulum 2013. Materi asam basa berkarakteristik berupa konsep-konsep asam basa serta fakta-fakta yang terdapat didalam kehidupan sehari-hari. Pendekațan Chemo-Entrepreneurship hadir sebagai salah satu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual yaitu mengaitkan pembelajaran dengan objek nyata sehingga selain mempelajari materi, siswa juga dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif materi asam basa berorientasi Chemo-Entrepreneurship, mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif menurut ahli materi dan media, mengetahui penilaian guru bidang studi kimia dan mengetahui respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penelitian yang digunakąn berupa pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia pembelajaran interaktif materi asam basa berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada SMA kelas XI mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,57 (sangat layak), ahli media sebesar 4,58 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,73 (sangat layak), dan dari respon siswa memłliki persentase 90,8 % (sangat baik). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pada materi asam basa berorientasi Chemo-Entrepreneurship sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Khalishah |
Date Deposited: | 10 May 2022 03:33 |
Last Modified: | 10 May 2022 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |