PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Nurzhahira, Mutiara (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V PDF.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (390kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nurzhahira, Mutiara. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Teks Negosiasi di Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahsa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd. (II) Dra. Yusra Dewi, M.Pd. Kata kunci: Penerapan, Google Classroom, Pembelajaran Teks Negosiasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Google Classroom dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Google classroom merupakan sistem e–learning layanan berbasis internet yang disediakan oleh google, yang dapat digunakan guru untuk memanfaatkan service ini sebagai media dalam membagi dan mengumpulkan tugas siswa secara paperless. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X setra dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran Google Classroom terlaksana. Tahapan pembelajaran melalui media Google Classroom, yakni tahap perencanaan dalam penerapan media pembelajaran Google Classroom guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan media pembelajaran, seperti link grup Google Classroom yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan menyiapkan materi pembelajaran berupa Powerpoint. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran melalui media Google Classroom penyampaian materi dari guru melalui Google Classroom berupa Powerpoint (PPT), kemudian dilakukan kegiatan tanya jawab dan yang terakhir berupa penugasan yang nantinya tugas tersebut akan dikirim melalui Google Classroom. Terakhir, tahap evaluasi, guru menggunakan tahap penilaian otentik berupa, penilaian pengetahuan yang dilihat dari penilaian hasil tugas siswa, kedua, penilaian sikap yang dilihat dari sikap dan tanggung jawab peserta didik dalam mengumpulkan tugas, dan penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam membuat tugas yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian disarankan agar guru dapat membuat strategi pembelajaran dengan media pembelajaran Google Classroom yang lebih menarik dan variatif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penerapan, Google Classroom, Pembelajaran Teks Negosiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Nurzhahira
Date Deposited: 11 May 2022 05:14
Last Modified: 11 May 2022 05:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item