Islamiah, Suwaibatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN YUDISIUM-dikonversi.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
SUWAIBATUL ISLAMIAH-A1B118009-FULL SKRIPSI YUDISIUM-dikonversi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK YUDISIUM-dikonversi.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB 1 YUDISIUM.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB 5 YUDISIUM.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN YUDISIUM.pdf Download (269kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Model pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel purposive sampling atau sampel merupakan teknik dengan pertimbangan tertentu peneliti melihat jumlah populasi yang besar dikarenakan keterbatasan dana, waktu dan tenaga maka peneliti memilih sampel kelas VIII H. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, yaitu tes awal dan tes akhir menulis teks eksplanasi. Hasil uji normalitas penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data homogen. Hasil perhitungan uji-t terhadap data pretest dan psttest maka diperoleh nilai sebesar sign 0,096>0,05. Sehingga dapat disimpulkan dari permasalahan yang diajukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Berdasarkan uji N-Gain dapat dianalisis bahwa selisish antara nilai pretest dan postest menghasilkan nilai N-Gain. Dimana rata-rata pre-test sebesar 45,2 dan nilai rata-rata post-test sebesar 71,7 dengan rata-rata perolehan N-Gain adalah 0,50 masuk dalam kategori sedang. Terlihat bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran.Sehingga daat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh dalam kategori sedang terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Menulis Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Islamiah |
Date Deposited: | 31 May 2022 01:58 |
Last Modified: | 31 May 2022 01:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |