Pembelajaran Teks Negosiasi Berorientasi Berpikir Kritis Kelas X SMA Negeri 18 Tanjung Jabung Barat

Nisak, Aisyah Khairun (2022) Pembelajaran Teks Negosiasi Berorientasi Berpikir Kritis Kelas X SMA Negeri 18 Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS KELAS X SMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG BARAT)
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text (PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS KELAS X SMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG BARAT)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS KELAS X SMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG BARAT)
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text (PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS KELAS X SMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG BARAT)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS KELAS X SMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG BARAT)
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text (PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS KELAS X SMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG BARAT)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran teks negosiasi berorientasi berpikir kritis kelas X SMA Negeri 18 Tanjung Jabung Barat dengan melihat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran berorientasi berpikir kritis. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini merupakan. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas X. Data diambil dari analisis dokumen, wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri dari RPP guru serta pelaksanaan dan penilaian pembelajaran kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua komponen dicantumkan di dalam RPP oleh guru, karena guru menggunakan prinsip penyederhanaan RPP. Berdasarkan pelaksanaannya, kegiatan pendahuluan guru telah melaksanakan dengan baik, untuk kegiatan inti pembelajaran berorientasi berpikir kritis telah terlaksana berdasarkan indikator dalam teori Ennis, namun terdapat satu indikator yang tidak muncul dalam pembelajaran, yaitu pada kelompok memberikan penjelasan lebih lanjut, indikator yang tidak muncul adalah mendefinisikan istilah dan mempertimbangkannya. Penilaian pembelajaran teks negosiasi berorientasi berpikir kritis menggunakan penilaian berdasarkan aspek pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teks negosiasi berorientasi berpikir kritis kelas X SMA Negeri 18 Tanjung Jabung Barat sudah terlaksana sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Pelaksanaan pembelajaran berorientasi berpikir kritis sudah terlaksana dan guru menggunakan aspek pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penilaian pembelajaran. ABSTRACT This study aims to describe the learning of critical thinking-oriented negotiation texts for class X SMA Negeri 18 Tanjung Jabung Barat by looking at the planning, implementation, and assessment of critical thinking-oriented learning. The method in this research is qualitative, with the type of case study research. The data of this research are. The subject of the study was an Indonesian class X teacher. The data were taken from document analysis, interviews, and observation sheets. The data analysis technique consisted of the teacher's lesson plans as well as the implementation and assessment of class X learning. The results showed that not all components were included in the lesson plan by the teacher, because the teacher used the principle of simplifying the lesson plan. Based on its implementation, the teacher's preliminary activities have carried out well, for the core activities of critical thinking oriented learning have been carried out based on the indicators in Ennis theory, but there is one indicator that does not appear in the learning, namely the group provides further explanation, the indicator that does not appear is defining terms and consider them. Assessment of critical thinking-oriented negotiation text learning uses an assessment based on aspects of knowledge and skills. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning of critical thinking-oriented negotiation texts for class X SMA Negeri 18 Tanjung Jabung Barat has been implemented in accordance with Permendikbud No. 22 of 2016. The implementation of critical thinking-oriented learning has been implemented and teachers use aspects of knowledge and skills in conducting learning assessments.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran teks negosiasi, indikator berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Nisak
Date Deposited: 19 May 2022 08:06
Last Modified: 19 May 2022 08:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33674

Actions (login required)

View Item View Item