Zarra, Merlin (2022) Implikatur Percakapan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII D di SMP Negeri 17 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
Skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Persetujuan.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan antara guru dan siswa kelas VII dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap yang dibantu pula dengan teknik rekam, teknik catat, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian yang dilakukan selama 2 minggu dengan tiga kali pertemuan yang setiap pertemuannya berlangsung selama dua jam pembelajaran di setiap meinggunya menunjukkan bahwa guru dan siswa sangat bervariatif dalam menggunakan implikatur percakapan. Implikatur percakapan pada sesi satu lebih bervariatif pula jika dibandingkan dengan implikatur percakapan pada sesi dua. Hal ini dikarenakan siswa di sesi dua lebih cenderung pendiam dan tidak banyak bicara yang dimana pada sesi satu siswanya jauh lebih aktif, ditambah pula terdapat satu siswa yang merupakan anak hiperaktif yang menjadikan implikatur percakapannya menjadi sedikit lebih berbeda. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat berguna bagi banyak pihak. Berguna sebagai gambaran guru dalam berimplikatur. Berguna sebagai bahan bacaan terkait implikatur percakapan bagi pembaca. Berguna sebagai bahan referensi bagi peneliti lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | ZARRA |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:15 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |