Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi

Rahman, Fathur (2022) Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1 SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
2 COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
3 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
4 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media digital storytelling terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Jambi pada November 2021. data penelitian ini didapatkan dengan cara memberikan tes tertulis kepada siswa dan dokumentasi saat melakukan penelitian. Setelah tes dikerjakan, maka data dianalisis menggunakan metode kuantitatf dengan menggunakan teknik eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk data pretest menunjukan kelas eksperimen memperoleh jumlah rata-rata nilai (51,667) dan data pretest kelas kontrol memperoleh jumlah rata-rata nilai (59,167). sedangkan pada data posttest Kelas eksperimen memperoleh jumlah rata-rata nilai (70,55) dan data posttest kelas kontrol memperoleh jumlah rata-rata nilai mean (63,33). setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, maka diperoleh nilai thitung = 2,7936 sedangkan ttabel = 1,6909. Kriteria pengujiannya jika thitung > ttabel (2,7936 > 1,6909) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh penggunaan media Digital Storytelling terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dari kesimpulan hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh signifikan media Digital Storytelling dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Jambi. Maka dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan media Digital Storytelling pada proses pembelajaran terutama dalam menulis teks deskripsi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: RAHMAN
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:57
Last Modified: 03 Jun 2022 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33971

Actions (login required)

View Item View Item