Karmela Afriani, Karmela (2022) Revitalisasi materi tematik terpadu untuk meningkatkan proses pembelajaran kelas IV tema 2 subtema 1. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KARMELA AFRIANI .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
Abstract
v ABSTRAK Afriani. Karmela. 2022. Revitalisasi Materi Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Kelas IV Tema 2 Subtema 1: Skripsi Jurusan Anak Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar. FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. H. Syahrial, M.Ed. Ph.D , (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : pengembangan modul, revitalisasi materi tematik terpadu, pembelajaran tematik terpadu tema 2 subtema 1 Metode penelitiaan ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Impelementation (5) Evaluation. Akan tetapi pada penelitian ini pengembangan modul revitalisasi ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 34/I TERATAI. Instrumen penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi dan lembar wawancara pada siswa dan guru kelas . Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Revitalisasi materi tematik terpadu untuk meningktkan proses pembelajaran kelas IV dengan tema 2 “ Selalu Berhemat Energi”. (2) Tingkat kevalidan modul revitalisasi materi tematik terpadu untuk kelas IV Sekolah Dasar yang diperoleh dari validator ahli materi dengan nilai 3,6 termasuk kategori sangat valid dengan presentase 72%, validator ahli media dengan nilai 4,3 termasuk kategori sangat valid dengan presentase 86%, validator ahli bahasa dengan nilai 4,82 termasuk kategori sangat valid dengan presentase 96,3%. (3) Tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan dengan ahli praktisi yang dilakukan oleh 1 orang guru kelas IV B Sekolah Dasar diperoleh nilai 4,8 termasuk kategori sangat praktis Simpulan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar modul revitalisasi materi tematik terpadu untuk kelas IV Sekolah Dasar yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Saran penelitian adalah agar guru lebih kreatif dan inovatif dalam membuat bahan ajar dan diharapakan adanya penelitian berkelanjutan mengenai revitalisasi materi tematik terpadu dengan tema yang lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Afriani |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:24 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |