ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI TK NURUL KHOIR KOTA JAMBI

TUSSA’DIYAH, HALIMA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI TK NURUL KHOIR KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Tussa’diyah, Halima. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Metode Proyek Di TK Nurul Khoir Kota Jambi. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. K.A. Rahman, M. Pd.I, (II) Dr. Indryani, S. Pd. M.Pd. I Kata Kunci: Pemecahan Masalah , Metode Proyek Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 09-10 Januari 2020 di TK Nurul Khoir Kota Jambi kelas B2 menujukkan bahwa terdapat 15 anak yaitu AZ, DHN, HK, NN, RMK, SPN, FN, RU, MZ, MN, MSK, FS, SKS, WS dan MHA. Peneliti melihat saat proses pembelajaran yang terjadi didalam kelas, terdapat masalah yakni berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah pada anak. Diketahui ada 6 anak yang kemampuan pemecahan masalahnya sudah mulai berkembang dengan optimal, dan ada 2 anak yang sudah berkembang sesuai harapan. Namun, terdapat pula 7 anak yang kemampuan pemecahan masalahnya masih belum berkembang dengan optimal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Khoir Kota jambi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkatan pemecahan masalah pada anak menggunakan metode proyek. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian yang peneliti lakukan di TK Nurul Khoir dan waktu penelitian lebih kurang dalam waktu 1 bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 33 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data langsung dan sumber data dari penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai analisis kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun dalam aspek menunjukkan aktifitas yang bersipat eksploratif dan menyelidiki berada pada tingkatan “Tinggi” (71,72%). kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun dalam dalam aspek memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial berada pada tingkatan “Tinggi” (66,67%). kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun d dalam aspek menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru berada pada tingkatan “Sedang” (54,55%). kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun dalam aspek menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah berada pada tingkatan “Tinggi” (70,71%). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun menggunakan metode proyek di TK Nurul Khoir Kota Jambi secara umum berada pada tingkatan “Tinggi” (66%).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah , Metode Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: TUSSA`DIYAH
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:03
Last Modified: 17 Jun 2022 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34559

Actions (login required)

View Item View Item