PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI

Anggelina, Sofia (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Moto.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Kata Pengantar Skripsi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN Skripsi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anggelina, Sofia. 2022. Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: metode demonstrasi, kemampuan menulis, teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan tes tertulis pada siswa, yaitu dari hasil pretest dan posttest. Setelah hasil tes terkumpul, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan output Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Sampel penelitian berjumlah 12 siswa pada kelas VII A 1 sebagai kelas eksperimen dan juga 12 siswa pada kelas VII B 1 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran menulis teks prosedur. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Siswa kelas eksperimen pada saat dilakukan pretest sebelum diterapkannya metode demonstrasi mendapatkan nilai rata-rata 60,41 dan rata-rata pretest kelas kontrol ialah 51,04. Namun, setelah dilakukan posttest dengan memberikan perlakuan metode demonstrasi nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 85,41, sedangkan nilai posttest kelas kontrol ialah 78,12. Hasil uji statistik independent sample t test hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, karena hasil yang diperoleh dari nilai signifikansinya kurang dari 0,05, yakni nilai Sig. = 0,002 < 0,05. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur menjadi lebih baik dengan menggunakan metode demonstrasi. Di samping itu, diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penggunaan metode demonstrasi dalam materi pembelajaran yang lain.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Anggelina
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:44
Last Modified: 15 Jun 2022 01:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34596

Actions (login required)

View Item View Item