Analisis Implementasi Bimbingan Pribadi Melalui Stimulus Respon pada Anak Autis di SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH.

Habiba, Tri Fani and Haryanto, Eddy and Ali, Raden Muhammad (2022) Analisis Implementasi Bimbingan Pribadi Melalui Stimulus Respon pada Anak Autis di SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Fani Cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Fani Pengesahan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Fani Abstrak.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Fani BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Fani Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan dalam beberapa hal dengan anak tipikal lainnya. Perbedaan itu yaitu secara fisik, psikologis, kognitif, atau sosial yang terlambat dalam perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang implementasi Bimbingan Pribadi Melalui Stimulus Respon dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Sri Soedewi Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Bimbingan Konseling, Orangtua, Siswa. Hasilnya adalah: (1) Implementasi bimbingan pribadi melalui stimulus respon dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis di SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH dilakukan dengan beberapa tahap, tahap awal/ assessment, tahaptransisi, tahapkegiatan, dan tahapevaluasi;(2) Kendala implementasi bimbingan pribadi melalui stimulus respon dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis diantaranya terbatasnya tenaga pendidik yang memiliki latar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB), terbatasnya alokasi dana Guru Pendamping Kusus (GPK) dan perilaku anak yang tidak terarah; (3) Upaya bimbingan pribadi melalui stimulus respon dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis diantaranya partisipasi orangtuadan pelatihan khususdan pengadaan fasilitas pembelajaran anak.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Anak berkebutuhan khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Habiba
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:49
Last Modified: 14 Jun 2022 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34666

Actions (login required)

View Item View Item