Yugo, Pranowo (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan iSpring Suite Pada Pembelajaran Hikayat di Kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB 1.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
11. BAB 2.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
14. BAB 5.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (315kB) |
Abstract
ABSTRAK Yugo, Pranowo. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan iSpring Suite Pada Pembelajaran Hikayat di Kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, ispring suite, hikayat Pengembangan ini bertujuan mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran pembelajaran hikayat berbasis android dengan menggunakan perangkat lunak ispring di kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi dan mengetahui kelayakan terhadap produk yang dihasilkan. Pengembangan ini mengambil pembelajaran hikayat kelas X SMA KD 3.7, yaitu mengetahui karakteristik dan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang akan digunakan dalam pengembangan produk ini yaitu angket kebutuhan, instrumen validasi ahli media dan ahli materi serta instrumen respon guru dan respon siswa. Kemudian data yang sudah diperoleh akan dianalisis menjadi data kuantitatif dan data kualitatif. Sebelum diujicoba, produk akan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi dilakukan dua kali untuk meminimalisir kekurangan. Selanjutnya untuk ujicoba dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi kelas X. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android menggunakan iSpring Suite pada pembelajaran hikayat di kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 64 atau persentase sebesar 85,33% dengan kategori “sangat layak”, 2) Ahli Media diperoleh total skor 78 atau persentase sebesar 97,50% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya respon guru mendapatkan total skor 74 atau persentase sebesar 98,66% dengan kategori “sangat layak”. Kemudian pada saat ujicoba media pembelajaran terhadap siswa mendapatkan total skor 645 atau persentase sebesar 86% dengan kategori ”sangat layak”. Berdasarkan respon guru, produk dapat digunakan dengan mudah dan materi juga mudah untuk dipahami. Lalu berdasarkan respon siswa, mereka sangat antusias membaca hikayat Cik Upik yang disajikan di dalam produk. Lalu siswa juga terangsang dan antusias untuk mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari materi hikayat dari produk yang dikembangkan. Secara keseluruhan mereka tertarik terhadap produk media pembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android menggunakan ispring suite yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas X SMA pada pembelajaran hikayat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | YUGO |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:50 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |