Uswatun Khasanah, Putri (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERITA RAKYAT JAMBI CIK UPIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HAL SAMPUL DAN JUDUL.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1- DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan-Pengesahan-Pernyataan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Khasanah, Putri Uswatun. 2022. Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Cik Upik Dan Relevansinya Sebagai Alternatif Materi Ajar Bahasa Indonesia. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr, Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd., (2) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, cerita rakyat, materi ajar Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter, relevansi sebagai alternatif materi ajar Bahasa Indonesia, serta persepsi masyarakat terhadap cerita rakyat Cik Upik. Situs penelitian di desa/kelurahan Legok, kecamatan Danau Sipin, kota Jambi. Pemerolehan data menggunakan instrumen wawancara dengan tiga narasumber. Data penelitian dilengkapi dengan data lain, yang didperoleh dari internet. Data dianalisis dengan metode analisis isi. Hasil analisis menunjukkan cerita Cik Upik mengandung nilai pendidikan karakter yang dominan yaitu religius, jujur, kerja keras, tanggung jawab. Serta terdapat nilai sopan santun dan tolong menolong. Dari delapan belas nilai pendidikan karakter terdapat nilai yang kurang atau tidak ada dalam cerita tersebut adalah disiplin, mandiri, kreatif, komunikatif, toleransi, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, dan gemar membaca. Relevansi dengan kriteria untuk dijadikan alternatif materi ajar Bahasa Indonesia terutama pada KD. 3.7 mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. Persepsi masyarakat menyatakan cerita tersebut bermanfaat untuk pembelajaran dikarenakan mengandung nilai-nilai dan amanat yang mendidik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa cerita Cik Upik relevan dijadikan sebagai alternatif pembelajaran terutama menanamkan nilai pendidikan karakter. Disarankan kepada peneliti lain untuk menggali dan mendokumentasikan cerita rakyat yang berasal dari tradisi lisan di setiap daerah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan karakter, cerita rakyat, materi ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Khasanah |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:40 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |