KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH

Azis, Syakroni abdul (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Judul Cover.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (510kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (170kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan secara sadar menyangkut interaksi tenaga pendidik dan peserta didik, guru dan murid merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan dalam proses belajar mengajar, antara dua komponen ini kaitannya sangatlah erat sehingga terjalin ikatan yang saling menunjang. Kemampuan di dalam menulis teks pidato memerlukan pengetahuan dan keterampilan berpikir yang memadai sebelum menulis. Ketika melakukan kegiatan menulis pidato, siswa harus memperhatikan struktur, isi pesan, dan aturan penulisan dalam teks pidato. Siswa dapat dikatakan mampu menulis jika tulisannya mengandung aspek keterampilan menulis pidato yang harus dituangkan dalam karya tulis. Adapun rumusalah masalah dalam penelitian ini: 1. Apakah siswa mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek strukturnya? 2.Apaka siswa mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ejaan dan tanda bacanya? 3.Apakah siswa mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek pemilihan diksi? 4.Apakah siswa mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek keefektifan kalimatnya? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks pidato berdasarkan aspek strukturnya, ejaan dan tanda baca, diksi, keefektifan kalimat. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods merupakan pendekatan yang menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato dari aspek struktur, ejaan dan tanda baca, diksi, keefektifan kalimat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan wawancara mendalam sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Kota Jambi mendapatkan nilai rata-rata 75 kategori mampu. Artinya, siswa memiliki kemampuan menulis teks pidato, tetapi kemampuan menulis siswa perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi. Secara khusus, tiap aspek hasil penelitian kemampuan menulis teks pidato ini sebagai berikut: (1) aspek struktur berkategori mampu dengan skor akhir 82, (2) berdasarkan ejaan dan tanda baca berkategori cukup mampu dengan skor akhir 64, (3) berdasarkan diksi berkategori mampu dengan hasil akhir 76, (4)berdasarkan keefektifan kalimat berkategori mampu dengan skor akhir 81. Kata Kunci: Kemampuan menulis teks pidato.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis teks pidato
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: AZIS
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:21
Last Modified: 27 Jun 2022 04:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35094

Actions (login required)

View Item View Item