Jannah, Miftahul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DENGAN MTEMA KEBUTUHANKU PADA ANAK USIA DINI DI TK IT RAHMATUL UMMAH KEC. SAROLANGUN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan, Halaman Persetujuan.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Pembelajaran menggunakan media yang sederhana dan konvensional seperti buku-buku dan alat peraga yang sederhana. Dalam proses belajar dan mengajar terkadang anak merasa cepat bosan dan jenuh karena terpaku dengan alat peraga yang telah disediakan. Dengan semakin berkembangnya teknologi media pembelajaran anak usia dini juga mengikuti perkembangan.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi dengan tema kebutuhanku, mengetahui kelayakan, respon guru dan mahasiswa, untuk mengetahui minat belajar siswa terhaap media pembelajaran video animasi, Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Developmet). Adapun prosedur dalam penelitian pengembangan adalah model ADDIE yaitu, analyeze, design, development, implementation, serta evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di TK IT Rahmatul Ummah Kecamatan Sarolangun. Dengan terlebih dahulu membagikan angket kepada tim ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian didapat dari tim ahli materi sebesar yaitu skor 51 dengan persentase 98,07 % yang menunjukkan kategori sangat baik. Sedangkan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 52 dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian maka media pembelajaran video animasi yang telah divalidasi oleh tim ahli telah dinyatakan layak untuk diujicobakan kepada responden yang terdiri dari 8 orang guru TK IT Rahmatul Ummah Kecamatan Sarolangun dan 54 orang mahasiswa PG-PAUD Universitas Jambi. Sehingga diperoleh rata-rata persentase 91,01% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil dari observasi yaitu peserta didik menunjukkan perasaan senang, berantusias, fokus dalam mengikuti pembelajaran, seperti anak aktif dalam bertanya, berpendapat, dan anak juga aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Hasil penelitian ini didasarkan agar guru, dan mahasiswa PG-PAUD dapat dengan mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran anak usia dini, dan menggunakan media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | JANNAH |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:42 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |