Roni, Muhammad and Muazza, Muazza and Haryanto, Eddy (2022) Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (4).pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN dan KATA PENGANTAR.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (5).pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V (7).pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (7).pdf Download (148kB) |
Abstract
Arus globalisasi dan kemajuan teknologi menimbulkan dampak di berbagai aspek, tanpa terkecuali aspek pendidikan . Maka setiap lembaga pendidikan membutuhkan sumber daya manusia pendidik yang profesional. Seperti halnya pengembangan sumber daya manusia pendidik di SDIT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. Untuk menghasilkan pendidik yang profesinal tidaklah mudah, oleh sebab itu pengembangan sumber daya manusia pendidik adalah suatu keharusan. Kunci utama untuk membangun lembaga pendidikan yang bermutu adalah mempunyai sumber daya manusia pendidik yang profesional. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokmentasi dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sumber data primer terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, kepala tata usaha, guru kelas, guru Al Qur’an dan guru bidang studi di lingkungan SDIT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia pendidik di SDIT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi dilakukan dengan beberapa langkah antara lain, penentuan kebutuhan, menyusun program/ perencanaan pengembangan, penentuan sasaran, penetapan program, identifikasi pelaksanaan program, pelaksanaan program dan penilaian pelaksanaan program. Metode pengembangan sumber daya manusia pendidik di SDIT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi dilakukan dengan On The Job Training terdiri dari pelatihan/training, penugasan sementara, rotasi jabatan, latihan instruktur pekerjaan, supervisi mengajar, KKG dan rapor kinerja guru. Sedangkan Off The Job Training terdiri dari workshop, seminar, kursus, studi lanjutan, dan outbond.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, sumber daya manusia pendidik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Roni |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |