PROBLEMATIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)PADA MATERI MENULIS TEKS PERSUASI DI KELAS VIII A SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

Rahmi, Aulia (2022) PROBLEMATIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)PADA MATERI MENULIS TEKS PERSUASI DI KELAS VIII A SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HAL. JUDUL.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (15kB)

Abstract

Kata Kunci: Problematik Guru, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Teks Persuasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematik guru bahasa Indonesia dalam menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi menulis teks persuasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 14 Kota Jambi pada semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 14 Kota Jambi pada tanggal 21 Februari sampai dengan 21 Maret 2022. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu metode deskiptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMPN 14 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga problematik yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dalam menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi menulis teks persuasi di kelas VIII A SMPN 14 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Diantaranya: (1) Kurangnya waktu KBM (disebabkan jadwal pembelajaran di sekolah yang masih bertumburan), (2) Guru kurang menguasai RPP, seperti masih ditemukannya langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang tidak terlaksana. (3) Kurangnya antuasias dan pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: RAHMI
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:42
Last Modified: 27 Jun 2022 01:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35772

Actions (login required)

View Item View Item