DALVANNY, SEPTIA MISCA (2022) Analisis Keterlaksanaan Model Creative Problem Solving Dengan Pendekatan ChemoEntrepreneurship dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir kreatif Siswa Kelas XI Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SEPTIA MISCA D (A1C118005) fkip.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Misca, Septia.2022. Analisis Keterlaksanaan Model Creative Problem Solving Dengan Pendekatan ChemoEntrepreneurship dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir kreatif Siswa Kelas XI Materi Larutan Penyangga.Skripsi, jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing I Prof.Dr.rer.nat.H Rayandra Asyhar,M.Si, pembimbing II Afrida,S.Si,M.Si. Kata kunci : creative problem solving, chemo entrepreneurship, kemampuan berpikir kreatif siswa Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang utama dalam era industri teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini, dengan adanya pendidikan mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan manusia, pada pembelajaran 4.0 siswa harus lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan segala keterbatasan interaksi fisik dan sosial Model Creative Problem Solving dengan pendekatan Chemo entrepreneurship memberikan efisiensi danefektivitas dalam orientasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model creative problem solving (CPS) dengan pendekatan Chemo entrepreneurship (CEP) merupakan suatu model berbasis masalah yang menggunakan pendekatan chemoentrepreneurship yaitu pendekatan yang mengkaitkan materi pembelajaran dengan wirausaha. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi larutan penyangga kelas XI MIPA menggunakan CPS dengan pendekatan CEP dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional, subjek penelitian yaitu 1 kelas dengan 28 siswa dengan Mix methode yang digunakan oleh peneliti merupakan jenis triangulasi konkuren. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan siswa pada penerapan model dan lembar tes essay untuk mengukur kemmpuan berpikir kreatif siswa. Untuk mengethui korelasi penerapan model CPS-CEP dengan kemampuan berpikir kreatif siswa digunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara penerapan model CPS-CEP dengan berpikir kreatif siswa yang terbukti dengn hasil hitung uji r sebesar 0,56% termasuk kategori sedang dan uji koefisien determinasi diperoleh nilai kd = 31,36%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model CPS-CEP oleh guru dan siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMAN 11 Muaro Jambi terlaksana dengan kategori baik dan Korelasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan model CPS-CEP dengan kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori korelasi sedang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | creative problem solving, chemo entrepreneurship, kemampuan berpikir kreatif siswa creative problem solving, chemo entrepreneurship, kemampuan berpikir kreatif siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dalvanny |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:11 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |