ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wahyuni, Tria Rapika (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (805kB)
[img] Text
skripsi fika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
halamanpersetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan 22 februari hingga 22 Maret 2022 . untuk mencapai tujuan diatas , peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam Penelitian ini adalah wali kelas dan siswa kelas V SD Negeri 45/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisa secara kualitatif memakai teori teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi data, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa kelas V SD Negeri 45/I Sridadi ditemukan bahwa 9 orang siswa mengalami yaitu ADC, WJ, RR, CDG, ANS, SLN, ZA, SR, dan AS permasalahan dalam menulis pantun seperti : (I) belum mampu memenuhi syarat-syarat pantun (II) belum memenuhi kriteria menulis isi pantun yang menarik (III) belum mampu menulis pantun dengan diksi/gaya Bahasa yang tepat. Kemudian bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa dalam menulis pantun adalah : (I) menyamakan rima, (II) mengungkapkan pikiran dan perasaan untuk kemanarikan isi pantun (III) membuat pantun yang terdiri dari 8-12 suku kata. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada wali kelas untuk kedepannya mampu menjadikan kesulitan yang dialami siswa dalam menulis pantun ini sebagai alternative perbaikan dalam mengajarkan materi menulis pantun.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Wahyuni
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:17
Last Modified: 01 Jul 2022 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36008

Actions (login required)

View Item View Item