Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 9 Kota Jambi

Ramadhani, Desti (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 9 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (272kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ramadhani, Desti. 2022. ”Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 9 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahun Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing:(I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si (II) Drs. Affan Malik, ME Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa, Tatanama Senyawa. Proses pembelajaran sebagai satu di antara komponen dalam dunia Pendidikan. Proses pembelajaran hendaknya menyenangkan dan dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang bagi peserta didik untuk berkreasi. Tentunya pendidik harus terampil di dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mata pelajaran kimia kelas X MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan bentuk pretest postest Nonequivalent Kontrol Group Design, yang dilaksanakan pada kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik kelas eksperimen terjadi peningkatan pada pertemuan kedua, dari pertemuan pertama pada kelas eksperimen nilai rata-rata tes awal peserta didik pada pertemuan awal yaitu 43,31 dan nilai rata-rata tes akhir yaitu 68,03. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata tes awal peserta didik pada awal pertemuan yaitu 36,53 dan nilai rata-rata tes akhir peserta didik yaitu 48,00. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka untuk membuktikan hipotesis dilakukan uji t. Hasil perhitungan uji diperoleh thitung = 4, 8549. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel = 1, 6909 sehingga diketahui thitung > ttabel yaitu 4, 8549 > 1,6909 dengan df = 34 dan α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik. Sehingga disarankan bagi pendidik untuk menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) agar hasil belajar peserta didik meningkat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa, dan Tatanama Senyawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RAMADHANI
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:41
Last Modified: 05 Jul 2022 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item