Luandari, Putri Rahayu (2022) Strategi guru kelas dalam proses pembelajaran inklusi di SDN 131/IV Telanai Pura Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
abstrak putri.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB I putri.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB V putri.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN ptri.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
ab.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
skripsi putri baru2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Luandari Rahayu, Putri. 2022. “Strategi Guru Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., Dosen Pembimbing (II) Dr.Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: strategi guru, pembelajaran peserta didik inklusif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran bagi peserta didik inklusif di Sekolah Dasar Negeri 131/ Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi Telanaipura pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data diperoleh dari wali kelas 2A sebagai data utama serta guru Shadow sebagai data pendukung. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik Inklusif autis di sekolah dasar. Adapun bentuk strategi yang diterapkan yaitu: 1). Guru menyederhanakan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik, 2). Guru menggunakan catatan sebagai perencanaan pembelajaran, 3). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru memberikan motivasi dalam pembelajaran, 6). Komunikasi Intens dengan peserta didik, 7). Melaksanakan evaluasi dan penilaian sesuai karakteristik peserta didik, 8). Guru kelas dan guru Shadow saling berkomunikasi dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar selalu melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik Inklusif autis, memberikan motivasi dan terapi agar dapat menambah gairah belajar peserta didik pada pembelajaran, penggunaan metode yang cocok, menggunakan media yang menarik, dan komunikasi sesering mungkin dengan peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: strategi guru, pembelajaran peserta didik inklusif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | L |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 08:33 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 08:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |