Hasibuan, Salsadila A and Harahap, Eddy Pahar and Priyanto, Priyanto (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SMART APPS CREATOR DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) |
Abstract
Hasibuan, Salsadila. 2022. Pengembangan Media Smart Apps Creator dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing :(1) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., (2) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, smart apps creator, teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi teks eksplanasi kelas VIII SMP, dengan menguraikan proses pengembangan, kepraktisan, dan keefektifan media tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan model analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Pendekatan kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Data kualitatif yang didapat berupa deskripsi proses pengembangan media. Data kuantitatif berupa hasil penilaian media pembelajaran yang diperoleh dari validator ahli media, ahli materi, respon praktisi, dan respon siswa. Data kuantitatif diolah menggunakan skala likert dan rumus N-Gain. Subjek penelitian yaitu 5 siswa dalam uji perorangan dan 30 siswa dalam uji coba lapangan. Peserta didik berasal dari kelas VIII C di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Dalam proses pengembangan diperoleh hasil akhir validasi ahli media dengan nilai rata-rata 79,16. Hasil akhir validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 85,94. Kepraktisan media pembelajaran dinilai berdasarkan 4 aspek, yaitu aspek tampilan, aspek isi, aspek efisiensi media, dan aspek manfaat dengan nilai rata-rata menyeluruh yaitu 84,32 berkategeori tinggi. Media pembelajaran yang dikembangkan tergolong cukup efektif diukur berdasarkan perbedaan nilai N-Gain pretest dan post test peserta didik dilihat dari aspek kognitif dan psikomotorik. Perbedaan pretest dan post test siswa pada aspek kognitif sebesar 0,52 dengan kategori N-Gain tergolong sedang. Pada aspek psikomotorik, perbedaan pretest dan post test sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi di SMP.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Hasibuan |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:31 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 04:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |