PRINSIP SOPAN SANTUN GURU DALAM PEMBELAJARAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DI KELAS VII A SMP NEGER 16 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

MAHARANI, APRILIA RIZKY (2022) PRINSIP SOPAN SANTUN GURU DALAM PEMBELAJARAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DI KELAS VII A SMP NEGER 16 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER APRIL.pdf

Download (163kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
APRILIA RIZKY MAHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)

Abstract

Maharani, Aprilia Rizky. 2022. Prinsip Sopan Santun Guru dalam Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas di Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, jurusan pendidikan bahasa dan sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Dosen pembimbing : (I) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd dan (II) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. Kata Kunci : prinsip sopan santun, maksim, surat resmi dan surat dinas. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip sopan santun guru dalam pembelajaran surat pribadi dan surat dinas di kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cendrung menggunakan analisis. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui prinsip sopan santun apa saja yang digunakan oleh guru pada saat pembelajaran surat resmi dan surat dinas berlangsung di kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII A. Sedangkan data yang digunakan ialah bahasa lisan berupa kalimat atau pernyataan-pernyataan yang mengandung wujud prinsip sopan santun yang bersangkutan dengan teori Leech. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik perekaman, simak, dan catat. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa terdapat 1 tuturan yang termasuk kedalam maksim kearifan, 1 tuturan yang termasuk kedalam maksim kedermawanan, 2 tuturan yang termasuk kedalam maksim pujian, 1 tuturan yang termasuk kedalam maksim kerendahan hati, dan 2 tuturan yang termasuk kedalam maksim kesepakatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajar surat pribadi dan surat resmi di kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi, guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas menggunakan 5 tipe prinsip kesopanan yang berupa maksim yaitu maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati dan maksim kesepakatan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: MAHARANI
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:33
Last Modified: 20 Sep 2022 04:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39754

Actions (login required)

View Item View Item