Apdolifah, Zuwena (2022) Analisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada materi larutan penyangga dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 6 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak r.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ZUWENA APDOLIFAH yang sudah di ttd.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Selain harus menguasai materi siswa juga dituntut aktif dalam berdiskusi juga sopan santun dalam berperilaku. Dalam memecahkan masalah siswa juga harus memiliki kemampuan dalam berpikir kritis, inovatif serta berpikir kreatif. Untuk mencapai kemampuan tersebut dibutuhkan solusi yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan berpikir kritisnya. Salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran yang bersifat kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model tipe Think Pair Share (TPS).Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif TPS pada materi larutan penyangga dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah metode campuran dengan jenis trigulasi konkuren. Instrumennya adalah lembar observasi keterlaksanaan model baik dari guru, siswa, dan tes esai. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Persentase keterlaksanaan model oleh siswa diperoleh 78,48% kategori baik, persentase kemampuan berpikir kritis 79,44% kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,56 kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan model dilihat dari aktivitas guru dan siswa sudah masuk dalam kategori baik, dan terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran TPS pada materi larutan penyangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | APDOLIFAH |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 02:29 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |