Lubis, Debora Lisnawati (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. S1 thesis, PENDIDIKAN BIOLOGI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran dapat dilakukan secara daring dan luring. Namun saat ini pembelajaran daring merupakan alternatif yang banyak diterapkan di Indonesia. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan belajar selama pembelajaran daring. Siswa cenderung pasif yang ditandai dengan jarang merespon guru, tidak dapat dilaksanakan pembelajaran berbentuk diskusi dan keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas. Rendahnya keaktifan siswa tersebut, ternyata mempengaruhi hasil belajar. Rendahnya keaktifan siswa menjadi indikator bahwa siswa belum memahami materi pembelajaran. Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengkombinasikan pembelajaran daring dengan luring didalamnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengkombinasikan daring dan luring ialah Flipped classroom. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh implementasi Flipped Classroom terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kota Jambi pada Mei 2022. Penelitian merupakan eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group desain. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X IPA dengan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu eksperimen dan kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli yaitu dosen Universitas Jambi. Data yang diperoleh diuji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas lalu dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji Ancova dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA. Hasil uji-t keaktifan siswa diperoleh nilai signifikansi (0,000) < nilai α (0,05), maka model pembelajaran Flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap keaktifan. Uji-t hasil belajar kognitif siswa juga diperoleh nilai signifikansi (0,000) < nilai α (0,05), maka model pembelajaran Flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji Ancova menunjukkan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh 93% terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped classroom, Keaktifan, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lubis |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 06:43 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/41028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |