Larasati, Sania (2022) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU IMPULSIVE BUYING DALAM PROMOSI TANGGAL KEMBAR DI MEDIA BELANJA ONLINE PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi full Sania Larasati (G1C118029).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Sania Larasati (G1C118029).pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Persetujuan Skripsi Sania Larasati (G1C118029).pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
Abstrak Sania Larasati (G1C118029).pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Sania Larasati (G1C118029).pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi Sania Larasati (G1C118029).pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Sania Larasati (G1C118029).pdf Download (181kB) |
Abstract
ABSTRAK LATAR BELAKANG: Adanya berbagai kemudahan saat berbelanja via online serta banyaknya promo seperti promosi tanggal kembar membuat jumlah konsumen online meningkat. Hal ini dapat meningkatkan perilaku impulsive buying pada konsumen. Impulsive buying merupakan suatu pembelian yang dilakukan dan terjadi secara spontan dan langsung dilaksanakan pada saat itu juga, dengan dasar keinginan dan tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu. TUJUAN: Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dengan perilaku impulsive buying dalam promosi tanggal kembar di media belanja online pada mahasiswi psikologi Universitas Jambi serta mengetahui bagaimana gambaran kontrol diri serta gambaran impulsive buying pada mahasiswi Psikologi Universitas Jambi. METODE: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Jambi yang pernah berbelanja online saat promosi tanggal kembar dengan total subjek sebanyak 198 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu incidental sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala kontrol diri yang disusun menggunakan teori Averill (1973) dan skala impulsive buying yang disusun menggunakan teori Verplanken dan Herabadi (2001) dengan reliabiltas masing-masing sebesar 0,85 dan 0,91. HASIL: Terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku impulsive buying dalam promosi tanggal kembar di media belanja online pada mahasiswi psikologi Universitas Jambi dengan nilai rxy = - 0,258 dan p = 0,000 (p <0,05). KESIMPULAN DAN SARAN: Semakin tinggi tingkat kontrol diri seseorang, maka semakin rendah kecenderungan impulsive buying-nya, begitupula sebalinya. Sehingga diharapkan mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Jambi dapat memiliki tingkat kontrol diri yang baik sehingga dapat terhindar dari dampak negatif perilaku impulsive buying. KATA KUNCI: Kontrol Diri, Impulsive Buying, Belanja Online, Promosi Tanggal Kembar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | LARASATI |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 03:59 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 03:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |