Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK N 4 Tanjung Jabung Timur

Manto, Makti and Hidayat, Marzul and Masbirorotni, Masbirorotni (2022) Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK N 4 Tanjung Jabung Timur. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto) Cover.pdf

Download (195kB)
[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto) Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto) Hal Pengesahan.pdf

Download (323kB)
[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto) Bab I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto) Bab IV.pdf

Download (185kB)
[img] Text
1. TESIS UJIAN (Makti Manto) Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Kinerja guru adalah perilaku berkarya, berpenampilan atau hasil karya manusia yang ditugasi membimbing, mengajar, melatih para siswa. Kinerja guru yang dimaksud adalah hasil kerja guru yang terefleksi dalam cara merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses belajar mengajar. Kepemimpinan Kepala Sekolah diharapkan mempunyai kemampuan untuk menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, membimbing, memerintah, membina guru, sehingga lahir etos kerja, kretifitas dan produktifitas yang tinggi dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK N 4 Tanjab Timur. 2) Faktor pendukung kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK N 4 Tanjab Timur. 3). Faktor penghambat kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK N 4 Tanjab Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru mengacu pada jenis kepemimpinan transaksional yaitu kepala sekolah melakukan pengawasan, memberikan penghargaan dan juga kepala sekolah memberikan sanksi kepada para guru-guru; 2) Faktor pendukung kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu: Adanya hubungan baik dan harmonis antara kepala sekolah dengan guru, tersedianya sarana dan prasarana, adanya guru-guru yang kompeten, dan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki kepala sekolah dalam mengelola sekolah; 3) Faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah yaitu masih ada beberapa guru yang belum percaya diri, manajemen waktu dari guru yang belum terorganisir dengan baik, adanya kecemburuan diantara para guru-guru, adanya jarak antara guru senior dan guru junior, dan Kepala Sekolah masih segan untuk memerintahkan langsung kepada guru

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Manto
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:41
Last Modified: 20 Dec 2022 04:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42842

Actions (login required)

View Item View Item