Endari, Shely Belia and Asrial, Asrial and Alirmansyah, Alirmansyah (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KENDURI SKO MENGGUNAKAN APLIKASI ANYFLIP DI KELAS 4 TEMA 7 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full Shely Belia Endari.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan & Pengesahan Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
Abstrak Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
Daftar isi - lampiran Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB II Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB III Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB IV Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (934kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Lampiran Skripsi Shely Belia Endari.pdf Download (2MB) |
Abstract
Endari, Shely Belia. 2022. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis kearifan lokal Kenduri Sko Menggunakan Aplikasi Anyflip di Kelas IV Tema 7 Sekolah Dasar. Pembimbing I Prof. Dr. rer.nat. Asrial, M.Si. Pembimbing II Alirmansyah, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik, Kearifan Lokal, Kenduri Sko, Anyflip. Modul elektronik merupakan sumber bahan ajar yang dapat digunakan peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Materi pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, materi pendidikan disusun sesuai dengan karakteristik khusus peserta didik. Kurikulum 2013 mengasumsikan integrasi kearifan lokal atau potensi daerah sehingga diperlukan materi pembelajaran pendukung yaitu materi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Kearifan lokal mengandung nilai-nilai luhur yang dapat mengembangkan pengetahuan untuk membentuk karakter peserta didik. Salah satu kearifan lokal yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran adalah Kenduri Sko. Kearifan lokal ini dapat diintegrasikan ke dalam PPkn, IPS dan pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui pengembangan TIK, sehingga bahan ajar yang dikembangkan berupa modul elektronik yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis Kearifan lokal yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan modul aspek bahasa didapatkan dari validator bahasa dengan rata-rata 4,45 termasuk dalam katergori sangat valid dengan presentase 89%. Tingkat kevalidan media dengan rata-rata 4,875 termasuk dalam kategori 97,5% termasuk dalam kategori sangat valid. Tingkat kevalidan materi dengan rata-rata 4,4 dengan presentase 88% termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari validasi prakatisi dengan rata-rata 4,45 dengan presentase 89% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik berbasis Kearifan Lokal Kenduri Sko menggunakan aplikasi Anyflip di kelas IV Tema 7 Sekolah Dasar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan agar guru dapat mengembangkan modul elektronik berbasis kearifan lokal yang ada di daerah pada muatan pembelajaran yang lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Kearifan Lokal, Kenduri Sko, Anyflip. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ENDARI |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 08:41 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |