IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI DALAM PROFESIONALITAS GURU STUDI KASUS: DI SALAH SATU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MUARO JAMBI

Badriah, Siti (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI DALAM PROFESIONALITAS GURU STUDI KASUS: DI SALAH SATU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S2 thesis, MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN.

[img] Text
TESIS SITI BADRIAH.docx

Download (2MB)
[img] Text
COVER.docx

Download (149kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.docx

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)

Abstract

BADRIAH, SITI (2022) Implementasi Kebijakan Sertifikasi dalam Profesionalitas Guru studi kasus: di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Muaro Jambi. Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc. Ed.,Ph,D. Akhmad Habibi, Ph.D Kata Kunci : Implementasi Kebijakan Sertifikasi, Profesionalitas Guru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana implementasi kebijakan sertifikasi ini berpengaruh dalam meningkatkan profesionalitas guru yang ada di Salah satu Sekolah Menengah pertama di Kabupaten Muaro Jambi, dan menjelaskan apa saja peran sertfiikasi ini dalam meningkatkan profesionalitas guru sehingga dapat dijadikan bahan informasi dan pertimbangan bagi pembuat kebijakan. Penelitian ini dilaksanakan di Salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Muaro Jambi yang mana untuk lokasinya berada di Kecamatan Taman Rajo Desa Kemingking Dalam Kabupaten Muaro Jambi dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Tenik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan seluruh data hasil obeservasi dan wawancara. Dialnjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi kebijakan sertifikasi sudah berjalan cukup baik disekolah tersebut hal ini dibuktikan dengan setiap guru yang bersertifikasi sudah memiliki 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial dalam menjalankan tugasnya sehari hari dalam menunjukan keprofesionalitasannya. Namun terkait kebijakan sertifikasi sendiri untuk memenuhi beban mengajar guru yang mana dalam kebijakan sertifikasi, untuk guru yang akan diberikan tunjangan sertifikasi harus memenuhi jam mengajar sebanyak 24 jam, pihak sekolah mengalami kesulitan dikarenakan mengingat keadaan sekolah dengan tipe menengah dnegan jumlah siswa kurang dari 200 peserta didiik dan memiliki rombel sebanyak 8 rombel sehingga ada bebarapa guru yang harus mencari tambahan mengajardiluar sekolah induk atau mengambil tugas tambahan diluar mengajar. Terkait dengan peran kebijakan sertifikasi terhadap profesionalitas guru, dirasakan bahwa dengan adanya kebijakan sertifikasi selain guru merasakan kesejahteraan sosialnya meningkat, guru juga diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya, namun hal lain yang belum dirasa maksimal yaitu terkait pemanfaatan sarana dan prasarana yang belum lengkap di sekolah, Karena di era abad 21 ini selain guru yang profesional juga peran sekolah harus mendukung dengan menyedikan sarana prasarana yang mendukung keberlangsungan pembelajaran yang baik. Menyikapi hal tersebut adapun solusi yang dapat dilakukan yaitu pihak sekolah melengkapi sarana prasarana untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran juga memberika masukan kepada instansi terkait mengenai kebijakan sertifikasi, mengenai beban kerja guru untuk sekolah dengan tipe menengah yang memiliki rombel 8 dan siswa kurang dari 200 dapat dipertimbangkan kembali untuk beban kerja gurunya agar pelaksanaan tugas sebagai guru bisa berjalan dengan maksimal.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Siti Badriah
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:23
Last Modified: 10 Jan 2023 08:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43914

Actions (login required)

View Item View Item