Situmorang, Jony Erwin (2023) Analisis Critical Thinking Ability Siswa Introvert Terhadap Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Ikatan Kimia Di Sman 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI JONY ERWIN S.pdf Download (2MB) |
Abstract
Situmorang, Jony Erwin. 2022. Analisis Critical Thinking Ability Siswa Introvert Terhadap Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Ikatan Kimia Di SMAN 11 Muaro Jambi , Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) : Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. Pembimbing (II) : Drs. Affan Malik, ME. Berpikir kritis termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan dalam proses pendidikan saat ini. Dalam pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi, pendidik juga harus memahami kemampuan berpikir pada setiap kepribadian yang dimiliki peserta didik. Kepribadian yang berbeda dapat mempengaruhi kemampuan berpikir yang berbeda, baik tipe introvert maupun tipe ekstrovert. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan critical thinking ability siswa introvert berdasarkan tingkat kemampuan terhadap penyelesaian soal HOTS pada materi ikatan kimia di SMAN 11 Muaro Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket tipe kepribadian yang merupakan acuan dari Eysenck yang disebut dengan Eysenck Personality Inventory (EPI) dan soal tes HOTS untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan wawancara pada siswa tersebut. Hasil dari penelitian yang dilakukan, siswa dengan kepribadian introvert berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal dengan baik, siswa dengan kepribadian introvert berkemampuan sedang cukup baik dalam menyelesaikan soal dan wawancara dan siswa berkepribadian introvert berkemampuan rendah tidak baik dalam menyelesaikan soal dan juga wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan (1) subjek dengan tipe kepribadian introvert dengan kemampuan tinggi dapat hasil yang baik dengan melalui indikator berpikir kritis untuk semua tahap indikator dan pada hampir semua soal yang diberikan. (2) Untuk subjek introvert yang berkemampuan sedang dapat hasil yang cukup baik dikarenakan hanya dapat melalui tahap enumerate, analyze, list dan self correct dan hanya pada soal tertentu saja. (3) Untuk subjek introvert yang berkemampuan rendah dapat hasil yang kurang baik karena hanya dapat melalui tahap enumerate dan list pada soal yang bisa dijawab saja. Kata Kunci : Critical Thinking Ability, Tipe Kepribadian Introvert, Higher Order Thinking Skills
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical Thinking Ability, Tipe Kepribadian Introvert, Higher Order Thinking Skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SITUMORANG |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:49 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |