ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Oktaviani, Sengky (2023) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
COVER.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
BAB II.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
BAB III.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (823kB)
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR)
TESIS SENGKY OKTAVIANI P2A621028.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR Oleh : SENGKY OKTAVIANI P2A621028 Program Studi Pendidikan Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesulitan peserta didik dalam membaca permulaan di kelas II SDN 03/III Sungai Deras, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik dalam membaca permulaan di kelas II SDN 03/III Sungai Deras, dan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca permulaan di kelas II SDN 03/III Sungai Deras. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03/III Sungai Deras. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan penelitiannya yaitu guru kelas II, peserta didik kelas II dan orang tua peserta didik kelas II yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles and Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik yaitu belum sepenuhnya mengetahui bentuk huruf, sulit mengeja dengan benar, pemenggalan kata tidak tepat, tidak memperhatikan tanda baca, terbalik dalam membaca huruf yang memiliki bentuk hampir sama misalnya b,d,m,n dan lainnya, sering menambah dan mengganti kata dan sulit membaca huruf diftong (ai,au,ei,oi), huruf kluster (st, kl, gr, pr, dan lainnya) dan huruf digraf (ny,ng,kh,sy). Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan yaitu minat, perhatian dari orang tua, pendidikan pra sekolah dan konsentrasi belajar. Guru tentunya berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didiknya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dari hasl penelitian ini diharapkan guru dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, sehingga peserta didik dapat membaca dengan benar serta dapat mengikuti kegitan belajar mengajar dengan baik di dalam kelas. Kata Kunci : Kesulitan peserta didik, membaca permulaan

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan peserta didik, membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: SENGKY OKTAVIANI
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:25
Last Modified: 02 Mar 2023 02:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45487

Actions (login required)

View Item View Item