PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GAYA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL DI SEKOLAH DASAR

Prasetyo, Dasma (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GAYA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
SKRIPSI_DASMA PRASETYO (A1D119149).pdf

Download (7MB)
Official URL: https://repositori.unja.ac.id/

Abstract

Prasetyo, Dasma. 2023. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gaya Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional di Sekolah Dasar: Skripsi, Porggram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hj. Destrinelli, M. Pd., (II) Issaura Sherly Pamela, S. Pd., M. Pd., Kata Kunci : E-Modul Interaktif, Problem Based Learning, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan e-modul interaktif berbasis problem based learning pada materi gaya menggunakan aplikasi flip PDF professional di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung pada tanggal 12 Desember sampai 12 Januari 2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: hasil wawancara kebutuhan terkait pengembangan produk didapatkan dari wawancara kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik kelas IV, kevalidan produk didapatkan dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Kepraktisan produk didapatkan dari angket respon peserta didik dan pendidik. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis dimana pada tahapan ini dilakukan analyse yaitu melakukan analisis kebutuhan pengembangan produk, tahapan design berupa perancangan awal dari produk yang dikembangkan, tahapan development berupa validasi produk oleh ahli dan uji coba kelompok kecil, implementation berupa implementasi produk pada skala yang lebih besar, dan tahapan evaluation berupa kegiatan evaluasi pada setiap tahapan yang dilakukan pada proses pengembangan produk. Tingkat validitas produk yang diperoleh dari validator media memperoleh rata-rata nilai 4,8 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 96 % , validator materi memperoleh rata-rata nilai 4,9 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 98,75 %”, dan validator bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,9 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 98 %. Adapun kepraktisan produk yang diperoleh dari respon pendidik memperoleh rata-rata nilai 4,6 dengan kategori “sangat praktis” dengan presentase 92,72 % dan peserta didik memperoleh rata-rata nilai 4,5 termasuk kategori “sangat praktis” dengan persentase 90,30 %, Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah e-modul interaktif berbasis problem based learning dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Interaktif, Problem Based Learning, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PRASETYO
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:23
Last Modified: 06 Mar 2023 04:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45565

Actions (login required)

View Item View Item