ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI NO.043/XI KOTO RENAH

Lenada Utami, Rycqah (2023) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI NO.043/XI KOTO RENAH. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
THESIS RYCQAH LENADA UTAMI (P2A621012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar dalam kaitannya dengan pembelajaran Matematika di SD Negeri No.043/XI Koto Renah yakni Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian yang dilakukan oleh guru bersangkutan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.043/XI Koto Renah. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitiannya yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas 1 dan Guru Kelas 4 yang melaksanakan Kurikum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Matematika. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pemaknaan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran matematika meliputi melakukan Asesmen Diagnostik, menyiapkan perangkat pembelajaran, menyiapkan dokumen tujuan pembelajaran, menyiapkan dokumen langkah/kegiatan pembelajaran, dan menyiapkan dokumen penilaian atau asesmen penilaian. Pelaksanaan pembelajaran matematika meliputi, pembelajaran interaktif, pembelajaran inspiratif, pembelajaran menyenangkan, pembelajaran menantang, pembelajaran memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, pembelajaran memberikan ruang yang cukup bagi kemandirian peserta didik, guru memberikan keteladanan, guru memberikan pendampingan, guru memfasilitasi siswa. Penilaian pembelajaran matematika meliputi pengamatan dan dokumentasi, penilaian sumatif dan penilaian formatif, berkonsultasi dengan sesama pendidik, dan mengikuti pelatihan guru. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat melaksanakan perencanaan pembelajaran Matematika dengan baik, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Rycqah Lenada Utami
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:45
Last Modified: 14 Mar 2023 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45888

Actions (login required)

View Item View Item