MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC DI KELAS VI SDS JAI NALANDA

Setiawan, Tri Yudha and Destrinelli, Destrinelli and Wulandari, Bunga Ayu (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC DI KELAS VI SDS JAI NALANDA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-TESIS TRI YUDHA SETIAWAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN YUDHA.pdf

Download (774kB)
[img] Text
ABSTRAK-TESIS TRI YUDHA SETIAWAN.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1-TESIS TRI YUDHA SETIAWAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB V-TESIS TRI YUDHA SETIAWAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-TESIS TRI YUDHA SETIAWAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
TESIS TRI YUDHA SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiawan, Tri Yudha. 2023. Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran RADEC Di Kelas VI SDS Jai Nalanda: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Pembimbing (II) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL.,Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dan mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan model Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Jai Nalanda Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI yang berjumlah 12 peserta didik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pengamatan. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa pelaksanaan tindakan dengan model pembelajaran RADEC terdiri dari lima tahap yaitu Read, Answer, Discuss, Explain,Create. Melalui penerapan model RADEC kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik meningkat ditandai dengan kemampuan awal yang dilakukan oleh peserta didik pada tahap Read dan Answer yang membuat peserta didik memiliki pengetahuan awal untuk menjadi dasar dalam melakukan diskusi. selain itu pada tahap diskusi membuat peserta didik saling bekerjasama dan berinteraksi dengan anggota kelompoknya sehingga melatih peserta didik untuk terbiasa mengutarakan pendapat dengan sesama temannya. Pada tahap Explain dan Create peserta didik terlatih untuk berani tampil dalam mempresentasikan hasil diskusi serta mengutarakan gagasan atau pendapatnya didepan teman sekelasnya. Penggunaan model pembelajaran RADEC mampu meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik hal tersebut ditunjukan pada hasil penelitian yang memproleh 7 peserta didik dengan predikat sangat baik dan 5 peserta didik mendapat predikat baik dengan indikator kejelasan mengemukakan pendapat, kelancaran, keberanian dan kesesuaian pendapat yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di SDS Jai Nalanda Kota Jambi. Kata Kunci: Model RADEC, Mengemukakan Pendapat

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Tri Yudha Setiawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:49
Last Modified: 20 Mar 2023 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46224

Actions (login required)

View Item View Item