Penerapan Pendekatan Tari Kreatif dalam Meningkatkan Kreativitas Gerak pada Muatan Pembelajaran Tari untuk Siswa Kelas VI SDIT Baiturrahim Jambi

Vandera, Dea and Destrinelli, Destrinelli and Wulandari, Bunga Ayu (2023) Penerapan Pendekatan Tari Kreatif dalam Meningkatkan Kreativitas Gerak pada Muatan Pembelajaran Tari untuk Siswa Kelas VI SDIT Baiturrahim Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS DEA VANDERA NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tari kreatif dalam meningkatkan kreativitas gerak pada muatan pembelajaran tari dan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas gerak pada muatan pembelajaran tari menggunakan pendekatan kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan desain model dari Suharsimi Arikunto. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Baiturrahim Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI yang berjumlah 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pengamatan. Hasil penelitian ini diperolah bahwa pelaksanaan tindakan menggunakan pendekatan tari kreatif terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi, omprovisasi, dan komposisi. Melalui penerapan pendekatan tari kreatif, peningkatan kreativitas gerak siswa pada muatan pembelajaran tari dapat dilihat dari 7 dari 11 siswa mampu dalam menemukan ide dan mengekspresikan gerak, dan gerak yang dihasilkan tidak hanya terpaku pada satu gerak saja. Siswa juga mampu menghasilkan gerak tanpa meniru orang lain. Selain itu, siswa juga mampu menyeleksi dan menegaskan kembali gerak yang sudah dihasilkan menjadi lebih kaya dan lebih menarik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan tari kreatif mempu meningkatkan kreativitas gerak siswa pada muatan pembelajaran tari untuk siswa kelas VI SDIT Baiturrahim Jambi

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Dea Vandera
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:48
Last Modified: 20 Mar 2023 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46227

Actions (login required)

View Item View Item