PENGGUNAAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH KOTA JAMBI

rizani, cindy and Sukendro, Sukendro and Ugi Nugraha, Ugi (2023) PENGGUNAAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS CINDY RIZANI PUTRI (P2A621025).pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN CINDY OK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Cindy Rizani Putri. 2023. Penggunaan Media Question Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Muatan IPA Di Madrasah Ibtidayiah Nurul Hikmah Kota Jambi: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO (II) Dr. Ugi Nugraha, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Question Card pada muatan IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi dan Untuk mengetahui apakah penggunaan media Question Card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan IPA siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi. Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan keakifan siswa rendah dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada kegiatan observasi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi pada siswa kelas IV, bahwa siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran, kurang terlibat langsung dalam berdiskusi, serta kurang dalam mengemukakan pendapat. Adapun hambatan pada permasalahan ini adalah kurang adanya penggunaan media pembelajaran yang inovatif yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga kurangnya keaktifan belajar siswa. Objek dalam penelitian yaitu 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dengan jumlah keseluruhan 19 orang. Solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan media pembelajaran Question Card. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung selama pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan keatifan belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 62,34%, sedangkan skor keaktifan siswa pada siklus II sebesar 81,40%. Dari hasil penelitian ini, dapat disumpulkan bahwa penggunaan Media Question Card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Media Question Card, Pembelajaran IPA

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Media Question Card, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Cindy Rizani Putri
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:39
Last Modified: 20 Mar 2023 04:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46311

Actions (login required)

View Item View Item