PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY PADA MUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nuraini, Renita (2023) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY PADA MUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Renita Nuraini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nuraini, Renita. 2023. Penerapan Metode Outdoor Study Pada Muatan IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (2) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Outdoor Study, IPA, Kemampuan Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan kognitif siswa menggunakan metode outdoor study di kelas V pada muatan pembelajaran IPA tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Teknik pengumpulan data ini melalui observasi dan tes yang bersumber dari guru dan peserta didik kelas V SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode outdoor study pada muatan pembelajaran IPA siswa kelas V mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal ini dikarenakan siswa lebih mengembangkan kognitif dalam belajar, yang dapat terlihat pada terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Dibuktikan dengan pemerolehan ketuntasan belajar siswa sebelum menerapkan metode outdoor study pada proses pembelajaran dapat dikatakan masih rendah dengan nilai rata-rata 50 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 28,6%. Dengan penerapan metode outdoor study pada proses pembelajaran menunjukkan peningkatan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,28 dengan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,7% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,0 dengan persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 95,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor study pada muatan IPA dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V SDN 14/I Sungai Baung. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa yang meningkat pada setiap pertemuannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Study, IPA, Kemampuan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Nuraini
Date Deposited: 04 May 2023 01:59
Last Modified: 04 May 2023 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47546

Actions (login required)

View Item View Item