ULY JAYANTI, ROSA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
A1C119022_ROSA ULY JAYANTI_SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Jayanti,R.U.,2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Dra. Yusnidar, M.Pd., Pembimbing Skripsi II: Afrida, S.Si, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Kemampuan Komunikasi, Asam Basa. Kemampuan komunikasi adalah proses berpikir dengan menggabungkan kemampuan intelektual dan kemampuan berpikir untuk menganalisis dan memecahkan masalah sehingga pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dari suatu permasalahan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yaitu model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan korelasinya dengan kemampuan komunikasi siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 1 di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write oleh guru dan siswa, dan soal tes esai kemampuan komunikasi siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa besar kontribusi dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write oleh siswa diperoleh baik. Hal ini sejalan positif dengan hasil observasi kemampuan berpikir komunikasi siswa yang diperoleh kategori baik, dan hasil tes kemampuan berpikit komunikasi siswa yang diperoleh kategori baik. Hubungan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan kemampuan komunikasi diperoleh hubungan yang sangat kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperolehdengan kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan kemampuan komunikasi siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 1 SMA PGRI 2 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Kemampuan Komunikasi, Asam Basa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Jayanti |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:53 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |