SAPHIRA, GRAZELLA PUTRI (2023) STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 47/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_A1D119056_GRAZELLA PUTRI SAPHIRA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul_A1D119056_Grazella Putri Saphira.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan_A1D119056_Grazella Putri Saphira.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
BAB I_A1D119056_Grazella Putri Saphira.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB V_A1D119056_Grazella Putri Saphira.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan_A1D119056_Grazella Putri Saphira.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Saphira, Grazella Putri. 2023. Strategi Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 47/IV Kota Jambi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Irzal Anderson, M.Si., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: strategi guru, bernalar kritis, Pendidikan Pancasila Pendidikan Pancasila diharapkan mampu membentuk pelajar yang bernalar kritis dan dapat berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, cerdas dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta rasional dan inovatif dalam menyikapi persoalan bangsa. Untuk mewujudkan Pelajar Indonesia yang memiliki penalaran kritis, diperlukan strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 47 Kota Jambi pada bulan Januari hingga Maret 2023. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan strategi guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 47/IV Kota Jambi yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran heuristik dan strategi pembelajaran reflektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan starategi yang dilakukan guru dalam mewujudkan dimensi bernalar kritis melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran heuristik dan strategi pembelajaran reflektif. (1) Menerima dan memproses informasi serta gagasan, guru melakukan pembelajaran berkelompok agar siswa dapat bekerjasama menemukan informasi dan berdiskusi mengelola informasi atau gagasan yang diterimanya. (2) Melakukan analisis dan melakukan evaluasi terhadap penalaran, guru memberikan stimulus kepada siswa agar siswa dapat menganalis dan melakukan evaluasi terhadap penalaran dengan menemukan data-data ataupun fakta-fakta terkait. (3) Merefleksikan penalaran dan proses bernalar, guru mengingatkan kembali kepada siswa agar memikirkan kembali pemikirannya dan mempertimbangkan langkah-langkah yang akan diambil karena akan sangat berpengaruh terhadap kesimpulan yang ditarik siswa. (4) Membuat kesimpulan, guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan dengan didasarkan pada fakta dan data yang relevan dari bermacam sumber untuk memperoleh kesimpulan yang definitif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SAPHIRA |
Date Deposited: | 19 May 2023 06:33 |
Last Modified: | 19 May 2023 06:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |