sari, vuja monica (2023) Pengaruh Penggunaan Gadget dan Dukungan Keluarga Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA N 6 Muaro Jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
VUJA MONICA SARI_A1A119043_PENDIDIKAN EKONOMI_SKRIPSI.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI VUJA.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN FIX.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
abstrak .pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (197kB) |
Abstract
Monica. Sari, Vuja. 2023. Penggaruh Penggunaan Gadget dan Dukungan Keluarga Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Muaro Jambi : Skripsi, Jurusan PIPS, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Ibu Dra. Refnida, M.E., (2) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Penggunaan Gadget,Dukungan Keluarga, Disiplin Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap siswa kebanyakan yang kurang disiplin dalam belajar. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan gadget diera sekarang yang banyak digunakan hampir semua siswa dizaman sekarang untuk berbagai kegiatan termasuk kegiatan pembelajaran serta dari dukungan keluarga yang memungkinankan menjadi faktor dari sikap disiplin belajar siswa. Sebab keluarga merupakan orang-orang pertama yang menjadi pembentuk perilaku seseorang. Terutama pada sikap disiplinnya yakni disiplin belajar maka dilakukanlah penelititian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel mengenai Penggunaan Gadget dan Dukungan Keluarga Terhadap Disiplin Belajar siswa Kelas X SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Muaro Jambi pada februari 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto alat pengumpulan data menggunakan angket melaluih google form yang disebar pada grup WhatsApp siswa dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 94 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas uji multikolinaritas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh secara simultan antar variabel penggunaan gadget dan dukungan keluarga terhadap disiplin belajar. Diperoleh nilai thitung pada variabel penggunaan gadget (X1) memiliki thitung sebesar 8.367 bertanda positif, dan nilai ttabel 1,986. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 8.367 > 1,986 bertanda positif pada sig 0,000<0,05. Dan dari perhitungan thitung variabel Dukungan Keluarga (X2) memiliki thitung 8.713 bertanda positif, sedangkan ttabel sebesar 1,986 karena thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8.713 > 1,986. Berdasarkan uji F dengan perhitungan SPSS 21.0, maka terlihat nilai Fhitung sebesar 75,924 sedangkan Ftabel sebesar 3.094 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara penggunaan gadget dan dukungan keluarga terhadap disiplin belajar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget dapat membantu disiplin belajar jika digunakan sebagai media penambah wawasan, informasi serta media pembelajaran. Jika seorang siswa mendapatkan dukungan keluarga yang tinggi dapat membantu siswa tersebut membentuk karakter disiplin terutama disiplin belajarnya, dari dukungan keluarga membantu siswa dalam memiliki sikap yang jujur, patuh yang termasuk ke dalam indikator disiplin belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan gadget, dukungan keluarga, disiplin belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 19 May 2023 03:12 |
Last Modified: | 19 May 2023 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |