WIDODI, BOB (2023) Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
BOB WIDODI-A1C319096-Full Text Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (705kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum dilakukannya analisis pengaruh keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Hal ini diperlukan untuk memenuhi elemen capaian pada kurikulum merdeka yang menuntut peserta didik memiliki beberapa keterampilan seperti keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif yang dapat diketahui melalui penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMPN Se-Kecamatan Jambi Luar Kota pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode non eksperimen yaitu metode survei. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain causal assosiatif untuk mengukur hubungan sebab-akibat antara dua variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu cluster random sampling. Pengambilan data keterampilan proses sains dilakukan melalui kegiatan praktikum yang dinilai oleh observer menggunakan instrumen lembar observasi. Kemudian data kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui pengisian instrumen tes soal esai yang diberikan ke setiap peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Selanjutnya data diolah dengan bantuan software SPSS dalam melakukan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik Se-Kecamatan Jambi Luar Kota pada materi suhu, kalor dan pemuaian dengan persentase kontribusi pengaruh variabel keterampilan proses sains mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kreatif sebesar 48.5 %. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak diteliti dalam penelitian. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = -10.610 + 1.075X yang berarti setiap peningkatan 1 satuan variabel X atau keterampilan proses sains maka variabel Y atau kemampuan berpikir kreatif peserta didik juga akan meningkat sebesar 1.075. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : pembelajaran IPA, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains, suhu, kalor dan pemuaian
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | WIDODI |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 03:09 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |