TAMPUBOLON, JUNALDI (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ASAM BASA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAS NOMMENSEN JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
Abstract
Tampubolon, Junaldi. 2023. Pengembangan e-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Asam Basa Untuk Peserta Didik Kelas Xi Mipa Smas Nommensen Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing 1: Drs. Fuldiaratman, M.Pd. 2: Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-Modul, Pendekatan Saintifik, Asam Basa Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Ilmu pengetahuan yang mengalami perkembangan pesat ialah ilmu pengetahuan alam atau sains. Cabang sains yang terdiri dari fisika, biologi, dan kimia. Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Karakteristik ilmu kimia bersifat abstrak dan kompleks. Salah satu upaya agar konsep kimia yang bersifat abstrak dan kompleks mudah dipahami ialah dengan mengembangkan media pembelajaran dengan desain yang menarik yakni e-Modul (modul elektronik). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-Modul berbasis Pendekatan Saintifik pada materi asam basa yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model desain pembelajaran ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner analisis kebutuhan, penilaian guru, respon siswa lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah dua puluh tujuh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh kelayakan e-Modul menurut ahli materi dan ahli media 4,6 % (sangat baik). Untuk hasil penilaian guru adalah 4,73% (sangat baik) dan respon siswa 89,63 % (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan, disimpulkan bahwa kriteria media pembelajaran e-Modul berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Asam Basa sangat layak dan mendapat respon positif dari peserta didik. E-Modul ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi Asam Basa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, e-Modul, Pendekatan Saintifik, Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | TAMPUBOLON |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:17 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |