SARI, MARJUNI NABILA (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA GURU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 3 TANJABTIM. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara: (1) self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik; (2) komunikasi interpersonal siswa guru terhadap prokrastinasi akademik; (3) self regulated learning dan komunikasi interpersonal siswa guru terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Tanjab Timur pada Februari 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 Tanjab Timur sebanyak 124 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposuve sampling dengan jumlah responden 55 orang. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XI SMAN 3 Tanjab Timur melalui Google Form. Setelah angket selesai diisi, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning dan komunikasi interpersonal siswa guru berpengaruh negativ dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMAN 3 Tanjab Tim baik secara parsial ataupun simultan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan analisis menggunakan uji T, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 3,733 > 1,674 pada variabel X1, dan thitung ≥ ttabel yaitu 4,119 > 1,674 pada variabel X2 berarti bahwa variabel bebas yaitu self regulated learning dan komunikasi interpersonal secara sendiri-sendiri berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu prokrastinasi akademik. Dan perhitungan analisis uji F dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,382> 3,18 dan nilai sig lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,00 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel bebas yaitu self regulated learning dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yaitu prokrastinasi akademik dengan kontribusi nilai R² yaitu sebesar 38,7% Sedangkan sisanya 61,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam pengukuran model penelitian ini. Dari hasil penelitian disarankan agar siswa bisa meningkatkan self regulated learning dengan memperhatikan tujuan serta perencanaan dalam proses belajar, selalu melakukan evaluasi terhadap diri sendiri serta disiplin dalam mengatur pola belajar yang baik, juga siswa harus untuk lebih terbuka kepada guru ataupun orang tua dengan berkomunikasi tentang permasalahan apapun yang dialami disekolah baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran ataupun pergaulannya disekolah untuk mengurangi tindakan prokrastinasi akademik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning, Komunikasi, Prokrastinasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 03:12 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |