STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR

SR, RAHMAH (2023) STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Cover.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI full siap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (117kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV A SD Negeri 1/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada Januari-Februari 2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Data dalam penelitian ini berupa data deskripsi tentang strategi guru melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar yang diperoleh melalui observasi dan wawancaara dengan guru kelas IV A sebagai data utama, wawancara dengan peserta didik dan dokumentasi sebagai data pendukung. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV A dapat dilihat strategi yang digunakan oleh guru adalah dengan cara melakukan persiapan, seperti menyiapkan sarana dan pra sarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, melakukan pemetaan, mengkondisikan kesiapan peserta didik, dan menyiapkan modul ajar. Tahap pelaksanaan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan heuristik. Tahap evaluasi, evaluasi yang dilakukan oleh guru adalah mengevaluasi proses belajar peserta didik melalui asesmen formatif dan sumatif, dan evaluasi untuk guru yaitu dari refleksi yang dilakukan oleh peserta didik, untuk melihat apakah kebutuhan mereka sudah terpenuhi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran IPAS yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SR
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:40
Last Modified: 05 Jun 2023 03:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49404

Actions (login required)

View Item View Item