Widodo, Rido Ilham (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Digital dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Energi dalam Kehidupan di Tingkat SMP. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
Rido Ilham Widodo_A1C319095_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas dari instrumen asesmen literasi digital dan keterampilan proses sains pada materi dalam kehidupan di tingkat SMP. Subjek uji coba diambil menggunakan teknik sampling purposive dengan kondisi subjek merupaka peserta didik kelas VII SMP negeri dengan akreditasi A dan menerapkan kurikulum merdeka, sehingga penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Batanghari pada Februari 2023. Data penelitian diperoleh dengan penyebaran lembar validasi kepada ahli (sebagai data validasi ahli) dan pengambilan data ke sekolah dengan menguji instrumen yang dikembangkan (sebagai data uji empiris). Setelah semua instrumen di validasi oleh ahli, dilanjutkan dengan pengujian empiris dalam kelompok kecil di SMPN 21 Batanghari data dianalisis secara dengan menggunakan rumus persentase, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli instrumen asesmen yang dikembangkan layak dan dapat digunakan untuk menilai literasi digital siswa dan keterampilan proses sains peserta didik di tingkat SMP. Tingkat validitas instrumen asesmen literasi digital ditunjukkan pada hasil uji empiris dalam kelompok kecil dengan nilai rxy yang lebih besar dibandingkan dengan rhitung. Hal yang sama juga dapat dilihat pada hasil hasil uji empiris dalam kelompok kecil instrumen asesmen keterampilan proses sains yang memiliki nilai rxy lebih besar dibandingkan dengan rtabel. Instrumen asesmen yang dikembangkan juga memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, dimana hasil uji Cronbach's Alpha instrumen asesmen literasi digital yang dikembangkan bernilai 0,928, serta hasil uji Cronbach's Alpha instrumen asesmen keterampilan proses sains yang dikembangkan bernilai 0,913. Dari hasil peneilitian ini didapatkan instrumen asesmen literasi digital dan keterampilan proses sains yang valid serta reliabel, sehingga dapat digunakan untuk menilai kemampuan literasi digital dan keterampilan proses sains peserta didik di tingkat SMP. Penelitian ini dapat membantu tenaga pendidik untuk menilai dan mengevaluasi tingkat kemampuan literasi digital dan keterampilan proses sains peserta didik, sehingga dapat memberikan metode pengajaran yang sesuai dan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi digital dan keterampilan proses sains mereka. Karena pengembangan instrumen asesmen ini hanya bertujuan untuk mencari nilai validitas dan reliabilitas dari instrumen yang dikembangkan, peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan instrumen asesmen literasi digital dan keterampilan proses sains yang telah dikembangkan untuk menilai keterampilan siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Widodo |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:52 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |