Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 30/II Tanjung Kabupaten Bungo

Saputra, Adi Tri (2023) Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 30/II Tanjung Kabupaten Bungo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
SKRIPSI_ADI TRI SAPUTRA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi Program Kampus Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 30/II Tanjung Kabupaten Bungo, (2) Hambatan dan Solusi Program Kampus Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 30/II Tanjung Kabupaten Bungo. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 30/II Tanjung Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo yang menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. Penelitian ini diperoleh dengan cari melakukan wawancara bersama beberapa narasumber yang terdiri dari 6 narasumber yaitu kepala sekolah, wali kelas 6, wali kelas 5, wali kelas 4, siswa kelas 6 dan siswa kelas 4. Setelah wawancara dilakukan, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif guna untuk memamparkan suatu hal, contohnya keadaan, syarat, situasi, insiden, peristiwa, dan aktivitas lainnya. Hasil Kajian menunjukkan pelaksanaan program peningkatan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa kampus mengajar seperti (a) bimbingan belajar, (b) pelatihan dan sosialisasi teknologi, (c) pembelajaran menggunakan video ajar, (d) mengakifkan kembali perpustakaan, dan (e) pengelolaan kelas semua kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena kekompakan mahasiswa, kepala sekolah, gruru dan siswadi SD Negeri 30/II Tanjung Kabupaten Bungo. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dan siswa saling berkolaborasi untuk tetap melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa kampus mengajar tersebut agar dapat bermanfaat bagi sekolah dalam mencapai tujuan dari pendidikan. Selain itu, guru juga hendaknya meningkatkan keterampilan dalam menggunakan teknologi karena dapat membantu proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah tersampaikan kepada siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SAPUTRA
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:57
Last Modified: 08 Jun 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49665

Actions (login required)

View Item View Item