Bonita, Faradhilla (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif berorientasi Chemo-Edutainment pada Materi Sistem Periodik Unsur di SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FARADHILLA BONITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Multimedia pembelajaran interaktif berorientasi chemo-edutainment (CET) ini adalah multimedia pembelajaran yang dikhususkan untuk peserta didik, yang terdapat suatu unsur Chemo-Edutainment (CET) yang merupakan sebuah pendekatan pembelajaran kimia yang memasukkan elemen yang bersifat menghibur sehingga dalam pembelajaran kimia peserta didik merasa senang dan tertarik. Edutainment adalah gabungan antara edukasi (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Pengabungan kedua konsep ini bertujuan agar padangan bahwa pelajaran kimia yang terkadang menyulitkan dapat juga menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif berorientasi Chemo-Edutainment (CET) pada Materi Sistem Periodik Unsur, mengetahui proses pengembangan, mengetahui hasil secara konseptual dan praktis, respons peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan pengembangan R&D menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu per satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian ini secara konseptual menunjukkan “Sangat Layak” dari validator ahli materi dengan persentase 85,2% rerata skor 4,26 dan 88% dengan rerata skor 4,4 berdasarkan penilaian ahli media. Berdasarkan penilaian guru, memperoleh hasil “Sangat Layak” rerata skor 4,7 dengan persentasi 94% sehingga dapat dinyatakan multimedia interaktif ini layak secara praktisi. Berdasarkan hasil respon peserta didik uji coba satu – satu, diperoleh persentase jawaban seluruh peserta didik sebesar 94,22%. Pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil “Sangat Baik” dengan hasil persentase 87,46%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini layak secara konseptual dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Chemo-edutaintment, Nearpod, Sistem Periodik Unsur.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Chemo-edutaintment, Nearpod, Sistem Periodik Unsur. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Bonita |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:22 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |